05 April 2012

SEGA, Riwayatmu Kini

05 April 2012
Jaman SD dulu, suka banget yang namanya mainin game console. Yah walopun ga banyak sih. Game console pertama gue adalah SEGA, kira2 gue kelas 5 SD. Dulu pertama kali main ini, satu rumah pada heboh semua. Dari gue, kakak gue, bokap nyokap pun juga ikutan main. Masih seger di ingatan gue, kalo pernah (sering) sekeluarga main SEGA sampe bergadang malem2, apalagi pas malem minggu. Dulu kaset SEGA pertama yang dibeli adalah kaset semacam 7in1, jadi ada 7 game di dalam 1 kaset. Dan game-game itu adalah, semacam Puzzle, Sonic, PacMan, Football, Volleyball, Tetris, dan TinyToon. Nyokap gue suka banget main tetris. Dan jago banget!! Gue jadi suka ikutan main tetris buat nemenin nyokap. Dan game yang paling heboh dimainin adalah game TinyToon Adventures. Super banget lah game ini. Game yang bikin bergadang sekeluarga. Di game ini, Buster Bunny tiap level harus ketemu Gogo Dodo, semacam burung bertopi payung pink. Dan burung ini sering disebut-sebut dengan sebutan "mbok". Gak ngerti deh asal-muasal kata2 itu. Masih misteri. Ohya, sampe sekarangpun password buat game ini masih diinget sama semuanya: KGWB-TXQW-ZKQB-ZGND. Di password ini, jadi keinget di luar kepala soalnya di level ini yang sering gagalnya. Yang level pas si tinytoon dikejar-kejar sama anak kecil perempuan, Elmyra, kalo gak salah. Emang sih, di level ini udah termasuk level-level terakhir mau selesai/tamat. Kaset ini dan kaset-kaset lainnya juga jadi sering nge-hang, ga kebaca sama mesinnya. Solusi yang sering dipake sejauh ini ada tiga: 
1. kaset dalemnya digosok-gosok pake penghapus, 
2. mesinnya ditiup, sama
3. kasetnya juga ditiup juga. 
Yah ngefek juga sih abis ngelakuin hal-hal kayak gitu. Kalo tetep ga berhasil, berarti yaa tamat sudah riwayat si kaset itu.

Read more>>
Selain SEGA, game console gue yang lain adalah PS1. Perjuangan dapet PS1 sebenernya susah. Gue dapet PS1 ini soalnya sempet dapet juara di SMP *duilee*. Pas mau beli PS1 ini, sampe gue rela-relain main ke rumah temen gue, Fikar, abis pulang dari sekolah buat nyoba mainin PS1 nya dia. Padahal dulu pas SD udah sering banget ke PS-Track di depan sekolah buat main iseng-iseng sambil nunggu jemputan. Dan game yang dimainin di rumahnya Fikar adalah: Harvest Moon - Back To Nature. Dia katanya udah sampe tahun ketiga apa yah. Udah nikah dan punya anak. Ternak udah banyak, panen jalan terus, udah menangin banyak festival, rumah udah di-upgrade, punya rumah kaca, dan kaya raya. Deuh, semacam asik bener main beginian. Gue jadi pengen nyoba, main game ini dari awal banget, dari miskin gapunya apa-apa, sampe akhirnya bisa kaya raya kayak gitu (walopun ujung-ujungnya pake GameShark juga sih).

Yak, pasti masih banyak lagi game-game yang asik dimainin di SEGA dan PS1 selain dua game ini, kayak Sonic, Mortal Kombat, GTA, Final Fantasy, dan masih banyak lagi. Koleksi kaset-kaset gue juga udah gak kehitung lagi berapa jumlah pastinya yang ada. Sejauh ini, gue ga pernah beli-beli game console lagi. Gak tau kenapa. Tapi emang nyokap paling anti ngeliat gue keseringan main game console. Dulu, kaset SEGA itu pun, baru dibeliin kaset baru jarang-jarang. Itu pun semacam game 99in1. Beneran ada lho, 99in1. Tapi semacam cuma main kanan kiri doang. Kayak balapan mobil cuma belok kanan-kiri, pesawat angkasa cuma belok kanan-kiri......... Tragis. Sekarang game console itu masih kesimpen rapi di gudang rumah. Gak pernah dicek lagi ato dimainin lagi. Sayang banget kalo buat dijual ato dikasih ke orang lain. Tapi selain itu, gue juga sekarang agak murtad sedikit, jadi lebih pindah ke computer game, dibanding ke game console. Yah walopun keduanya punya sisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing sih. Tapi intinya:
main game itu menyenangkan!! 

1 word(s) after:

Anonymous said...

ternyata bkn gw aja yg ngalamin kek gini hehehe ane dulu dapet PS1 hadiah krn mau disunat gan hehehehe

Post a Comment

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger TemplatesBlogger Blog Templates;