10 June 2013

Sisi Lain Kota Jakarta

10 June 2013
Malem minggu kemarin, gue mencoba sesuatu yang baru. Pertama, gue diajakin Adit buat nonton wayang oleh anak-anak. Akhirnya, gue, Adit, Dias, dan Ombil bareng-bareng berangkat ke Mangga Dua buat nonton wayang oleh anak-anak yang juga merupakan acara perayaan 2 tahun sebuah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan anak-anak yang kurang mampu.

Acara itu sendiri dimulai dari pukul 4 sore, sampai jam 10 malam, yang diisi dengan acara lomba, pentas oleh anak-anak, wayang, dan masih banyak lagi. Gue juga sempat melihat proses persiapan pembuatan panggung sederhana, namun cukup megah untuk malam itu. Dengan dihiasi lampu sorot dan hujan gerimis, membuat acara itu semakin menarik. Apalagi, panggung dan acara ini berada persis di atas 2 rel kereta api yang sudah nonaktif. Dengan dikelilingi oleh mal, apartemen mewah, dan bangunan-bangunan tinggi lainnya yang ada di sekitar lingkungan ini.

Jujur, banyak momen disana yang ngebuat gue berpikir. Gue melihat sekitar dengan rumah-rumah penduduknya, masyarakatnya, anak-anaknya, dan lingkungan sekitarnya. Gue semakin mensyukuri atas apa yang gue miliki selama ini. Apa yang ada di atas gue, dan apa yang ada di bawah gue. Bersyukur. Acara itu juga membuat gue menghargai setiap hal kecil yang ada di sekitar gue. Totally.

Tapi anak-anak itu gak lantas jadi kurang beruntung dengan keadaan yang seperti itu. Mereka akan lebih mudah untuk mensyukuri atas apa yang mereka miliki sekarang. Selalu melihat ke atas emang ngebuat kepala kita pegel. Ada baiknya, kita juga harus menimbanginya dengan sesekali menunduk dan melihat keadaan di bawah dan sekitar.

***

Kemarin, selama perjalanan, gue juga melewati 4 gedung penuh-sejarah buat gue, yang padahal gak direncanakan sama sekali sebelumnya. Gedung di deket Monas, gedung deket Pasar Festival Kuningan, gedung di sekitar Patung Pancoran, dan gedung di MT Hariyono. Seneng banget entah kenapa.

0 word(s) after:

Post a Comment

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger TemplatesBlogger Blog Templates;