21 December 2014

Berburu Ubur-Ubur di Danau Kakaban

21 December 2014
Setiap kali mendengar kata "ubur-ubur" yang selalu terbayang adalah hewan yang melayang-layang di film SpongeBob SquarePants yang tayang di televisi sore hari. Gak pernah sebelumnya gue melihat ubur-ubur hidup  yang berenang di air lepas. Danau Kakaban, adalah tempat gue pertama kalinya melihat ubur-ubur secara langsung. Di danau ini, kita dapat melihat berbagai tipe ubur-ubur yang bebas berenang kesana-kemari. Untuk mencapai danau ini, kita perlu menaiki speedboat. Selama perjalanan, kita bisa melihat pulau-pulau yang tersebar di sekeliling, seperti Pulau Sangalaki, Pulau Maratua, Pulau Samama, dan Pulau Derawan, seperti yang pernah gue tuliskan sebelumnya disini.


Danau ini cukup luas dengan ubur-ubur yang hidup di dalamnya. Air di danau ini adalah air payau. Yaitu air tidak begitu asin, namun tidak begitu tawar juga. Air inilah yang merupakan habitat paling cocok untuk kelangsungan hidup ubur-ubur. Konon hanya ada dua tempat yang mengandung air payau di dunia ini. Satu di Kalimantan, dan satu lagi di Samudera Pasifik. Whoa!

Read more >>
Walaupun kita berenang bersama dengan ubur-ubur, jangan takut untuk tersengat karenanya. Karena ubur-ubur yang ada di Danau Kakaban merupakan stingless jellyfish alias ubur-ubur yang tidak menyengat. Kita dapat memegang mereka secara langsung. Usut punya usut, terdapat empat macam tipe ubur-ubur yang ada di danau ini. Namun, gue hanya dapat menemui tiga diantaranya. Kita harus berenang hingga ke tengah danau untuk melihat seluruh tipenya.

Saat berenang di danau ini, harap diperhatikan bahwa kita tidak diperkenankan untuk menggunakan fin (sepatu sirip), karena akan mengganggu dan berpotensi untuk mencelakai ubur-ubur. Walaupun sebenarnya, dengan berenang disana saja, kita sudah mengganggu kehidupan mereka di danau itu. Maka dari itu, sebisa mungkin, kita mengurangi gerakan-gerakan yang tidak perlu saat berenang di danau tersebut, seperti melompat, berenang kecipak-kecipuk secara kasar, dan lain-lain.



Satu tips, selain menggunakan snorkel, persiapkan pula kamera anti-air jika ingin berkunjung kesini. Pemandangan bawah air disini amat sangat bagus untuk diambil gambarnya. Gak bohong. Berikut gambar-gambar yang diambil dari temen gue, Mas Amri.

0 word(s) after:

Post a Comment

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger TemplatesBlogger Blog Templates;