02 February 2015

Kokohnya Gajah di Museum Gajah

02 February 2015
Tidak akan pernah cukup. Setidaknya itu yang terus mengiang dalam pikiran pada saat akhir pekan kemarin. Setelah hanya puas selama ini dengan melihat patung gajah yang berdiri dengan kokoh dari Jalan Medan Merdeka Barat, akhirnya pada saat itu berkesempatan untuk dapat mengunjungi Museum Nasional Indonesia. Museum yang juga dikenal sebagai Museum Gajah ini menampilkan beberapa koleksi yang beragam. Baik itu pakaian kedaerahan, senjata tradisional, permainan tradisional, maupun atribut kedaerahan. Selain itu dipamerkan pula beberapa koleksi, seperti keramik dan lukisan lengkap dengan deskripsi yang menceritakan benda tersebut. Konon, patung gajah itu sendiri merupakan pemberian Raja Siam Thailand pada tahun 1871 Masehi.

Dengan hanya membayar Rp5.000,00, kita sudah dapat menikmati keindahan museum ini. Begitu memasuki pintu utama, langsung terlihat hamparan rumput yang dikelilingi oleh arca-arca yang dikumpulkan dari pelosok negeri. Setelah itu kita dapat menyisiri setiap bagian dalam musem. Di dalam museum pun dilengkapi dengan pendingin ruangan dan kamera CCTV sehingga dapat terjamin keamanan dari koleksi museum itu sendiri. Beberapa petugas juga nampak di beberapa titik tertentu. Mereka tidak sungkan untuk memberikan sedikit penjelasan tentang koleksi di tempat itu kepada para pengunjung yang hadir.

Salah satu yang mencuri perhatian saya dalam museum ini adalah terdapat satu peta Indonesia yang sangat besar yang dipajang di salah satu dinding. Entah mengapa, saat ini, jika melihat peta Indonesia menjadi hal yang luar biasa untuk saya. Begitu luas. Terbentang dari ujung Barat, Timur, Utara, dan Selatan menyimpan rahasia dan misteri yang tersimpan di dalamnya. Memang salah jika ada yang menyebutkan bahwa dunia hanyalah selebar daun kelor yang lebarnya pun tidak seberapa.


Read more >>
Setelah puas menyusuri setiap lorong yang ada di museum, ternyata perjalanan itu belum berakhir. Secara tidak sengaja, kami menuju lorong ke gedung sebelah yang juga merupakan kompleks dari Museum Nasional. Gedung ini memiliki 5 lantai yang menjulang ke atas dengan dilengkapi koleksi-koleksi yang tidak kalah menarik di setiap lantainya. Pengamanan pun juga semakin lengkap di gedung ini. Saya mengira bahwa gedung ini adalah gedung baru yang terpisah dari gedung utama sebelumnya dan menyimpan barang-barang yang antik.


Berdasarkan informasi pada laman Museum Nasional, waktu kunjungan museum ini adalah pada hari Selasa s.d. Jumat pukul 08.00--16.00, sedangkan pada akhir pekan pukul 08.00 s.d. 17.00. Terlebih, museum ini sangat mudah untuk diakses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Halte Transjakarta tersedia persis di tengah jalan protokol Medan Merdeka Barat. Apalagi, halte bus City Tour pun juga tersedia di depan gerbang Museum Nasional. Tempat ini sangat bisa dijadikan referensi tujuan untuk menghabiskan waktu akhir pesan bersama teman dan keluarga.

0 word(s) after:

Post a Comment

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger TemplatesBlogger Blog Templates;