11 July 2015

Bertukar Kartu Pos

11 July 2015
Pertukaran informasi di sekitar kita makin kemari, makin canggih saja. Hanya dengan mengedipkan mata atau mengetikan jemari, sebuah informasi dapat tersebar ke seluruh penjuru dunia hanya dengan hitungan detik. Bertukar pesan dengan rekan yang jauh di ujung dunia dari dimana kita berdiri sekarang pun, tidak sulit untuk dilakukan. Interaksi langsung juga dapat dilakukan melalui layar datar dan ponsel pintar. Apalagi dengan banyak orang dalam sebuah forum. Meeting virtual kerap dilakukan bagi mereka yang sulit berkumpul dalam suatu tempat yang nyata. Sehingga mereka berkumpul dalam sebuah forum virtual yang terbentuk di sebuah jaringan maya. Sungguh, dunia terasa berada di dalam genggaman kita sekarang ini.

Sekali-kali untuk mencoba sesuatu yang dianggap "lama" pun tidak melulu membosankan dan menyusahkan. Justru terdapat sedikit keseruan tersendiri dibanding kita mencoba dengan media sekarang ini. Berkirim kartu pos, misalnya. Lamaaa sekali sebelum bertukar pesan semudah seperti sekarang ini, bertukar informasi melalui surat dan kartu pos adalah sesuatu hal yang umum dan sering dilakukan oleh banyak orang. Ketika seseorang sedang melancong berpergian, atau sekedar bertukar kabar dengan kawan lama yang pindah ke luar kota, atau memang sesuatu hal rutin yang mereka lakukan untuk saling berkabar melalui kartu pos.


Read more >>
Menerima kartu pos dapat menjadi sesuatu yang berjuta rasanya sekarang-sekarang ini. Setidaknya, kita dapat mengetahui bagaimana kabar kawan kita yang sedang berada jauh di tempat kita berdomisili sekarang. Atau mengetahui keadaan tempat sang pengirim berasal yang dapat dilihat dari gambar salah satu sisi kartu pos. Apalagi, melalui kartu pos, dapat tergambar langsung bagaimana tulisan tangan dan emosi penulis yang ada di dalamnya. Sungguh, hal sangat berbeda dengan ketika kita menerima pesan melalui surat elektronik ataupun ponsel.


Ternyata, ada sebuah laman yang mengatur segala kiriman kartu pos di seluruh penjuru negeri untuk para pencinta kartu pos. Semua diatur sedemikian rupa sehingga kita dapat mengirim dan menerima kartu pos ke dan dari ke luar negeri maupun dalam negeri, yaitu Postcrossing.com. Pada awalnya kita akan mengirim ke 5 tujuan yang ditentukan secara otomatis. Tiap-tiap kartu pos yang kita kirim akan terdapat kode-unik yang harus ditulis sehingga ketika sampai di tempat tujuan, kode-unik tersebut di-register oleh penerima. Dengan cara itu, kita akan terbukti bahwa telah mengirimkan kartu pos pertama kita. Setelah itu, baru kemudian akan datang kartu pos dari seantero dunia yang mungkin akan datang ke tempat kita dalam beberapa waktu ke depan. Sama halnya, kita juga harus me-register kode unik yang ada pada kartu pos yang kita terima.

Kita hanya dapat mengirim maksimal 5 kartu pos sebelum kemudian kita dapat mengirimkannya lagi. Kita akan dipersilakan untuk dapat mengirim lagi, ketika salah satu kartu pos yang kita kirim, telah di-register oleh penerima kartu pos. Jumlah ini akan semakin meningkat seiiring dengan jumlah kartu pos yang kita kirim. Tiap-tiap kartu yang kita kirim pun juga memiliki umur 2 bulan sebelum sampai di tempat tujuan. Lewat dari masa waktu tersebut, kita akan diperbolehkan mengirim kartu pos kembali.


Pilihan kartu pos pun juga mudah untuk ditemukan. Baik di pusat perbelanjaan, toko buku, bandara, kantor pos, atau media sosial. Bahkan, dengan sedikit kerja ekstra, kita pun dapat membuat kartu pos sendiri. Lebih unik, lebih original. Kebanyakan, kartu pos yang dipilih adalah yang paling menggambarkan negara asal kita, yang cukup untuk menggambarkan bagaimana keadaan negara kita tinggal sekarang. Berhubung kantor pos mudah untuk ditemukan di pelbagai sudut kota dan biaya pengiriman yang cukup menggunakan perangko, bertukar kartu pos melalui Postcrossing dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengisi sela-sela waktu yang ada.

0 word(s) after:

Post a Comment

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger TemplatesBlogger Blog Templates;